Rabu, 14 November 2012

kemudahan yang diberikan internet by reza falepi

 
Internet! Siapa yang tidak mengenal internet, setiap orang kini sudah mengenal internet, karena perkembangan teknologi saat ini sudah berkembang sangat pesat, khususnya dalam media elektronik yaitu jaringan internet. Internet merupakan sebuah jaringan atau media yang mempermudah kita mendapatkan data dan informasi yang kita cari, dan sebagainya.
Menurut  http://id.wikipedia.org/wiki/Internet,
Secara harfiah, Internet (kependekan dari interconnection-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

Sejarah mengenai internet dan tokoh - tokoh internet menurut salah satu website, yaitu  http://id.wikipedia.org/wiki/Internet adalah :
Pada awalnya, internet hanya menghubungkan 4 universitas di Amerika Serikat. Internet pada saat itu disebut ARPANET. Tokoh-tokoh Internet adalah Tim Berners-Lee, pencipta WWW (World Wide Web) dan Roy Tomlinson, pencipta @ (at) pada alamat surat e-mail.

Ruang lingkup / cara kerja / penghubungan internet melaluibeberapa komputer dalam satu komunitas meliputikapasitasjaringan LAN / Local Area Network (dalam ruang lingkup kecil, misalnya dalam satu gedung dengan jarak 5 sampai dengan 10 km), MAN / Metropolitan Area Network (jarak 10 sampai dengan beberapa ratus km, misalnya dalam wilayah perkotaan), dan WAN / Wide Area Network (100 sampai dengan 1000 km) sesuai jaringan yang dapat dicapai dari sumbernya yaitu melalui sambungan dari jaringan telepon.
Dahulu internet hanya bisa kita buka melalui komputer, misalnya saat di rumah, di kantor, di sekolah, di tempat kursus komputer, dan sebagainya.Tetapi, sekarang internet dapat kita buka lewat handphone, laptop / notebook / netbook dimanapun kita berada, bahkan untuk kedepannya dimungkinkan kita dapat mengakses internet melalui televisi untuk mencari film/video yang kita cari.
Situs / jaringan dalam internet juga yang semula hanya beberapa saja, tetapi sekarang sudah banyak jenisnya, mulai dari blog, web, akun jerjaring sosial, e-book (elektronic book), dan sebagainya, dan dalam situs-situs tersebut terdapat fitur untuk melihat berita, sosial, hiburan, peta, terjemahan bahasa, mencari data, informasi, lagu, video, dan sebagainya.
Elektronic book / e-book merupakan buku yang biasa kita baca, namun untuk electronic book merupakan buku yang dapat kit abaca di komputer, iPad, dan media komputer lainnya. Menggunakan e-book, membuat kita merasa malas untuk membeli buku, dan mengkoleksi buku, karena dengan e-book kita mendapatkan buku yang kita cari tanpa harus membayar dan cukup mendownload e-book tersebut, namun saat ini tidak semua buku terdapat e-book juga.
Berbicara mengenai internet, selain berperan penting dalam kehidupan manusia setiap harinya, internet memiliki peran penting juga terhadap media komunikasi. Walaupun internet memudahkan kita mencara data, informasi, berita, lagu, video, berinteraksi satu sama lain, tetapi jika jaringan internet sedang bermasalah karena alat / media komunikasi yang kita gunakan (komputer, handphone, laptop, dan sebagainya sdang habis baterainya, habis pulsanya, dan lainnya), atau disebabkan karena faktor cuaca (hujan, petir, dan sebagainya), maka pencarian tersebut dapat juga terganggu.
Tetapi, kemudahan media internet, membuat kita dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain, teman yang belum kita kenal dan akhirnya mengenalnya, teman atau sanak saudara keluarga yang berjauhan, misalnya antar wilayah atau antar negara, dengan media internet melalui e-mail (surat elektronik) tanpa perlu menggunakan biaya yang cukup mahal, dan sebagainya. Dengan kemudahan internet juga, kita dapat menjangkau orang-orang yang akan kita hubungi, walaupun jaraknya berjauhan.
Keunggulan – keunggulan dalam jaringan internet membawa masyarakat menjadi masyarakat yang konsumtif dan cenderung berpikir instan. Mengapa? Karena dengan media internet tersebut, kita dapat dengan mudah mencari data dan informasi yang kita butuhkan dari Google.com, Wikipedia.com, Yahoo.com, dan lainnya. Sehingga, saat kita mengerjakan tugas atau mencari sesuatu, kita dengan cepat langsung menggunakan media internet sebagai media pencarian kita. Hal tersebut menjadi sebuah kebiasaan dalam bagian hidup kita karena sering kita lakukan.
Tak hanya untuk mendapatkan data dan informasi saja, media internet menjadi sarana untuk mencari berita dari Kompas.com, Antara.com, Liputan6.com, dan sebagainya. Facebook.com, Twitter.com, Myspace.com, Yahoo!Messenger.com juga menjadi sarana berinteraksi seseorang dengan orang lain, melalui chatting, menulis status untuk mengungkapkan perasaan sendiri, dan sebagainya, yang didapat oleh media internet.
Tidak salah jika kemajuan media internet menjadi sarana yang baik bagi masyarakat dan meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia, akan tetapi alangkah baiknya untuk kita melihat media internet dengan baik dan tidak disalahgunakan. Serta tidak menjadi orang yang brpikir secara instan dan konsumtif, namun tetap memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien, serta mengerjakan sesuatu dengan sungguh-sungguh dan tanggung jawab, tanpa langsung mengkopi bahan data atau informasi yang kita peroleh dari internet. Sehingga, media internet tetap menjadi sarana yang baik untuk setiap individu dengan memperkaya wawasan dan pengetahuan kita, memperoleh data dan informasi dengan mudah, berkomunikasi dengan orang-orang terdekat kita yang jaraknya berjauhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hujan

hjan

icon

: http://i1122.photobucket.com/albums/l524/riyosuke/bullseye-ani.gif